Friday 29 September 2023

Yang Aku Gak Suka Menjadi Ibu

Jadi seorang ibu tuh challengenya srtiap hari ada, capeknya selalu, always ready, jadi paling terakhir. Tapi secapek apapun itu, aku suka jadi aeorang ibu. Kulit kayak buluk kek apa tau, aku tetep suka sama status baru. Kalau liat ig, portfolio, grup koreanet rasanya besar juga ambisi gue saat itu. Tapi saat ini gue ingin fokus depan mata dan ambisi2 itu lagi gue entar entarin. Karena gue percaya kalau jalan gue baik hal baik juga lagi menanti gue. Jadi ga perlu buru2 ambisi dalam karir, dalam dunia gue seperti gue dulu sebelum gue punya anak. Tapi gue percaya satu hal, gue punya mimpi gue punya ambisi, selama gue masih bisa kerja, masih bisa meluangkan wwktu buat mandi makan gue bwrsyukur saat ini biarkan dunia dedek itu ibunya which is gue. Jadi gue kesampingkan dulu semua ambisi gue. Hahaha

Gue mensyukuri setisp perkembangan yang dia tunjukan. Gue bahagia. Tp ada yang bikin gue ga suka jadi seorang ibu. Self doubt, self blaming bahkan komenan orang lain tentang apa yang terjadi sama anak dan parenting gue. Gue udah dengan tegas bilang kalau gue ga peecaya dengan apa kata orang dulu, so jangan minta gue mempercayai yang ga gue percayai.

Saat dedek flu pilek, tanpa orang menyalahkan gue, gue udah nyalahin diri sendiri bukan karena gue penyebar virusnya tapi karena gue tidak memprotect dedek semaksimal mungkin, tidak tegas terhadap orang lain yang emang sakit flu. Pas tau malem hari dia jadi kebangun karna engap, gue sedih sampe besokmya nangis di toilet hahaha. So gue bertekad ke diri gue untuk dengan tegas nyuruh siapapun yang dari luar untuk cuci tangan, siapapun yang flu/batuk pake masker dan menolak orang asing untuk pegang2/cium2. Bahkan gue punya rencana besok bawa handsanitizer & masker di acara aqeqah khawatir orang2 lg flu/tangannya kotor hahaha. Okee gue relq dihujat dunia dan seisinya demi melindungi dedek wkwk. Karena gue aja selalu cuci tangan abis pegang apapun bahlan pegang kaki sendiri. Ya gue emaknya aja begitu masa anak gue rela dipegang orang klo tangan mereka ga bersih kan?

Gue pernah disalahkan karena katanya dedek pilek itu karena gue yang kebanyakan minum es. Jd bikin ASI dingin. Padahal gue aja ga pilek ga bstuk juga. Awalnya gue diem tapi batin juga ya jadi ibu malah disalahkan. Dan akhirmya gue bilang kalau gak ada korelasi ASI jadi dingin karena ibumya minum es. Dedek pilek karena virus. Dimana virus itu ada karena tertular virus disaat imun dedek lagi drop. Belum lagi kalau dianggap dedek nangis terus saat nen dan dianggap ASI ga keluar dan bikin dedek laper. Wow double kill jadi ibu tuh.

Dan emamg bener yaa kalau jadi ibu sebiss mungkin bodo amat dengan tatapan mata orang, komenan orang. Karena bagaimanapun seorsng ibu lebih tau kebiasaan anaknya. Gue sedang belajar untuk tidak menggubris komenan orang lain tentang dedek. Its like FYI aja bagi gue. 

Dan yaa jadi seorang ibu membuat gue hepi sekaligue banyak yg guenga suka terutama soal disalahkannya. Tanpa disalahkan, dijudge sana sini, seorang ibu pasti udah akan nyalahin dirimya kalau anaknya kenapa2 kok. Berapa kali gue suka peluk dede sambil minta maaf kalau gue telat denger dìa nangis kalau di dapur, atau kalau kelamaan bersihin pup dan bikin dia kedinginan..and so on so on. Tapi apapun itu gue berusaha twrus untuk belajar bareng dedek. Moga dedek sehat selalu yaa. 

No comments:

Post a Comment