Saturday 25 February 2023

Flirting After Married

Sebelum menikah bahkan sebelum punya pasangan, gue tipe orang yang flirting ke cowo sana sini. Kayak If i want you, I will make you come to me. Dan walaupun ga pacaran, berhasil bikin temen jalan, temen makan, temen traktir, temen senderan, bahkan TTM. Temen rasa pacar, sampai bikin ketika dia tau gue punya pacar udah mulai tetep pengen hubungan deket, masih pengen minum berdua, diboncengin dia, pulang bareng, jalan bareng, ke cafe bareng buat kerja. Sedangkan kalau udah punya pasangan kan kagok ya. Gabisa dong nonton senderan lagi ke dia, gabisa ngarep ngarep kalau dia selalu ada buat gue begitupun gue. Karena ya menjaga hati pasangan apalagi kalau udah bawa keluarga, sungguh ribet. Tapi ketika hubungan mulai terasa membosankan, keinginan buat jalan sama banyak cowo itu sekelebat muncul di pikiran. Apakah salah? Yup, tapi kalau kata dr jiemi, pikiran itu hanya pikiran, dia bahkan gatau sebuah kalimat itu benar atau ¿salah. Dalam seperdetik aja kita bisa memunculkan banyak pikiran dalam bentuk kata. Jadi aebuah yang wajar berpikir gitu, tapi kemudian, ada fungsi otak lain yang tugasnya memeriksa apakah ini benar dan salah. Kalau si fungsi otaknya ga bener ya bisa terabas aja salah bisa jadi rasa benar. Sekompleks itu loh otak kita, how amazing it is ga sih?

Setelah masa menjomblo tapi mantan mantan gue ini punya pasangan bahkan udah mau nikah masih aja ada yang pake bilang masih sayanglah, masih suka ngajak jalanlah, chat teruslah yang kadang gue malah mikir "napah sih ni orang?". Ada juga yang udah nikah masih suka ngechat nanya kabar. Bahkan ada juga mantan yang maish suka nostalgia tentang hubungan kita dulu. Yang gue jadi bikin "are u happy with your married life?". Dideketin sama pria udah punya pasangan terlebih istri membuat gue mikir kalau mereka ini kenapa sih dan jadi ilfeel.

Tapi ya sebagai wanita normal dideketin pria yang udah punya pasangan apalagi udah nikah, si otak dia pasti "apaan sih lo? Ga bahagia ya? Masih aja ngejar2 gue" beda sama pelakor, dideketin pria beriatri pasti happy dan pengen milikin kayak dia kurang laku gitu disaat dunia masih punya pria jomblo.

Gue baru tau ada cluster pria pria punya pasangan yang deketin yang pernah deket sama dia atau pernah nolak dia atau bahkan pernah menjalin hubungan dengan dia itu sebagai bentuk "mereka lebih baik dari ai cewek" what? Ga masuk akal ya? Why you compare your life to others people gitu loh. Tak penting cuy. Sebagian ada yang berpikir bahwa "mereka udah menikah udah laku, dan si cewek cewek itu belum laku belum menikah". Gue cuma bisa menghela napas denger hal ini kayak "hanya karena lo menikah, bukan berarti lo lebih baik dari orang lain. Plis deh pemikirannya diubah. Hanya karena lo udah cepet punya pasangan dibanding mantan lo bukan berarti lo lebih hebat karna cepet bisa move on. Hey come on hidup bukan perlombaan siapa cepat siapa dapat. Siapa cepat siapa lebih hebat"

Apalagi kalau sampe ngajak ketemu untuk sekedar membuktikan kalau si cewek masih bwrharap sama kita. Kayak omg tidak penting syekali. Karena hidup untuk mencari pembuktian, mencari validasi dari orang buat berpikir kita hebat dan laku dan keren aja such a bullshit kalau lo tidak berpikir lo seperti itu. 

Gue pernah baca di buku yang di tulis peneliti korea yang juga dia psikiater. Kata dia "orang yang menganggap diri mwreka iru harga dirinya tinggi. Berarti harga dirimya rendah. Harga diri disebut self esteem. Kenapa? Karena penilaian orang lain penting buat mereka sedangkan mereka melihat diri mereka aja tidak sebaik itu. Mereka takut akan judgement orang lain. Mereka takut orang lain merendahkan mereka" dan bener dong gue pernah di posisi ga suka direndahin dan bilang kalau harga diri gue tinggi jadi lo jangan rendahin gue. Padahal itu salah besar, pemikiran itu bikin gue makin self doubt. Sekarang gue coba buat naikin self esteem atas dasar diri gue bukan penilaian orang lain dan self doubt gue berkurang. 

Jadi gue selalu bilang ke diri sendiri meskipun 1 juta orang di dunia benci gue atau ngatain yang buruk tentang gue, selama gue berpikir gue tidak sepwrti itu dan kenyataannya pun gue ga begitu. Maka gue tidak seperti itu. Word cant make me down. Apalagi harus membuktikan ke orang lain gue lebih hebat dari lo karena sudah laku. Plis nooo

Gue aja bahkan kesel kalau ada temen gue nikah trus bilang "nikah deh enak loh. Semoga cepet yaa menikah" helaww nikah bukan perlombaan. Gue lebih akan bilang bahwa "menikah ketika udah siap dengan segalq challenge yang ada. Hanya karena temen lo menikah, mantan lo menikah. Lalu lo akan menikah karna terburu buru. Jangan gitu. Karena hidup bukan perlombaan". Kita ga berhak menilai kita lebih baik karena tolok ukur hidup kita udah menikah, kita udah laku doang, sedangkan yang jomblo dan masih belum menikah sampe umur 30an dianggap ga laku. Duh jauh jauh deh pikiran. 

Untuk pria pria diluar sana, gue sih berharapnya kalian gak menganggap kalian lebih hebat karwna udah laku dan menikah ya. Atau karir kalian oke trus jumawa. Hidup kan berputar, saat ini lo jumawa kemudian lo jatoh ke jurang paling dalem kan ngeri juga ya. Apalagi yang udah punya pasangan. Duh jangan deh sekali kali buat ngetes si mantan, atau gebetan dulu ga pilih lo sementara saat ini lo dah laku dengan iseng ngajak jalan/gombal manis cuma buat terima jawaban respon lalu lo bangga dan pergi. Such looser dan bangcaads syekali. Apalagi kalau udah punya pasangan, jaga hati pasangan kitalaah. Ya intinya sih, menikah atau belum itu pilihan. Menikah sekarang atau nanti yaudah itu pun pilihan. Ga usah berpikir kita lebih baik dari lo ya. Lomba kita itu dengan diri kita di masa lalu, karena ya devil inside tuh benar adanya.

So stoplaah flirting dalam married gitu, gue sih sebagai cewek normal di flirting ama cowo beristri gitu malah jadinya eneg sih. Malah mikir kasian ni cowo gabisa move on dan ga bahagia sama pasangannya.

No comments:

Post a Comment