Wednesday 22 February 2023

Positive parenting

Dulu pas jamam ga punya pacar tapi ngebet banget punya anak suka banget nontonin Daehan Minguk Manse di The Return Of Superman. Dan kembar 3 anak diurus barengan pusing gak sih lo? Nah bapak emakmya ini ngurus anaknya barengan. Tantrum, berantem, rewel jadi satu. Dan satu hal yang bikin gue belajar hal baru "kalau anak bandel itu dipisahin dulu jangan ada orang lain dulu. Kalau nangis biarin dia nangis dulu. Tungguin. Biar dia ngerasain emosinya setelah itu baru ajak ngobrol"

Bahkan jaman sekarang di saat ilmu parenting udah seliweran. Positive parenting ini emang dianggap bisa berhasil membentuk kepribadian anak yang lebih positif. Apalagi bisa menyalurkan semua emosi anak tapi kemunikasinya 2 arah. 

Di hari ibu kemarin aja, gue satu satunya orang yang gak punya anak tapi ikutan seminar demi dapet informasi ini. Mana pake nanya pula padahal belum punya anak. Tapi ternyata disini gue belum tau kalau gue udah isi. Dari dulu gue memang suka belajar parenting, selain emang pekwrjaan gue yang analisa sosial media dan banyak berkaitan dengan reco parenting untuk bikin good content. Ini pun jadi salah satu concerm gue jika nanti sudah jadi ibu. Gue mau jd ibu yang terus belajar, entah dari webinar parenting, atau dari buku atau bahkan dari video di social media. Gue ingin belajar dibalik ketidaksempurnaan gue menjadi ibu, gue jadi ibu yang tidak mudah marah dan bisa memberikan positif parenting ke anak gue kelak. Gue terus belajar psikologi, belajar buat self love semata mata ya biar bisa kasih positif parenting ke anak gue kelak.

Tapi beberapa hari lalu, tanpa gue cerita apa yang gue inginkan someday parenting yang ingin gue ajarkan seperti apa. Suami gue bilang soal anak kalau tantrum dibawa masuk ke ruangan buat dibiarin nangis dulu abis itu diajak ngobrol. Seketika shock kayak wow kok selaras tanpa pernah ada obrolan sebelum nikah ya? Padahal pas seminar di kantor kemarin sempet mau tanya gimana kalau sistem parenting yang mau diterapkan itu suami istri beda wkwk
Tapi cukup lega karena suami gue pun ingin menerapkan itu. Gue itu kan psikologi base banget pengennya. Istilah yang selalu gue angkat pun berkaitan dengan psikologi. Sedangkan pasangan bukan tipe yang aware terhadap itu. Cuma as long as selaras. Gue beruntung sih punya dia.

No comments:

Post a Comment