Friday 1 April 2022

Build Relationship To Your Parent first

Salah satu temen bilang "aku iri kamu bisa curhat apapun sama ibu kamu bahkan untuk masalah percintaan. Karna aku gabisa".
Yang dia tau cuma permukaan, tapi semuanya butuh proses. Ibu itu tipe yang demanding perfectionist mudah terdistraksi, kurang lebih kayak gue 11 12. Perfectionistnya, OCDnya dan unstable emotional. Bahkan aku pernah ada di titik emosi mulu kalau sama ibu, diem terus di kamar saking marahnya. Karena kemarahan yang gak diluapkan. I mean aku takut jadi anak durhaka kayak malin kundang yg dikutuk jadi batu gitu kalau marah-marah sama ibu. Tp karena marahnya ke dalem jadinya sikapnya juga nunjukin marah juga. Sama aja sebenernya. Karena manusia cuma punya 2 pilihan, bilang atau let it go.

Perempuan di umur kayak gue gini pasti tuntutan akan pernikahan itu lagi tinggi tingginya. I know what that feeling. Gue pernah di posisi itu juga, jadi pengalaman temen gue pernah gue rasakan. Rasanya kesel tiap ibu bahas "anak temen ibu nikah nih di gedung A. Temen ibu pergi bawa cucu". Gue sangat tau dan paham bahwa ibu sangat menginginkan gue punya pacar, menikah dan punya anak. Itu yang bisa membuat ibu bahagia. Tapi gue ga hadir dan bertanggungjawab untuk membahagiakan ibu dengan cara memaksa menikah kan? Jadi dulu gue sering ribut sama ibu dan gak betah di rumah. Hubungan kita sangat ga baik. Sampe ibu di titik lelah kali ya, punya anak yang sibuk di luar, ngegali potensi, sibuk sana sini tapi sabtu masih di rumah aja berteman dengan laptop. Akhirnya ibu cukup solat dan curhat sama Allah buat mendatangkan pria baik ke hidup gue. Gak lama temennya minta buat dikenalin sama keponakannya, yang saat ini pria itu jadi pasangan gue. Tapi di awal pdkt gue ga bilang sama ibu, karna udah pasti bakal banyak tuntutan. Ibu ini tipe demanding banget, termasuk cara berpakaian anaknya. Di first date kalau gue bilamg mau ngedate, pasti diminta buat pake baju yang bagus. Capek intinya. Tapi setelah punya pacar pun buka  berarti hubungan gue dan ibu baik2 aja. Karna hubungan baik itu dibentuk bukan ngalir gitu aja.

Gue merasa my life so messy, tapi ingin gue rapihkan sebelum gue membangun kehidupan kecil gue. Gue mulai memperbaiki hubungan sama ibu dan sekarang hubungan kita baik. Jadi temen curhat dan ibu yang paling tau anaknya lagi kenapa meski tanpa gue cerita.

Semoga hubungan gue dan pasangan gue ini ga bikin ngecewain ibu karena akhirnya ga lanjut, gue berharap dia beneran orang tepat yang didatangkan atas doa ibu. Karena dia baik, baik banget, baik sama keluarga gue. Jadi setiap kali liat kebaikan dis tapi nyakitin gue bikin gue sedih, kok ada manusia kayak gtu karna ingin membuat gue melarikan diri.

Tapi intinya sih, orang tua - anak itu hubungan yang sulit bagi gue jadi paham banget yang dirasakan temen gue. Tapi gue percaya cuma butuh effort lebih dari diri kita untuk bisa ke tahap hubungan yang baik. 
Dan gue percaya, bahwa menyelesaikan diri kita, hubungan kita dengan orang tua itu penting dan harus banget selesai sebelum membangun hubungan dengan pasangan apalagi buat ke jenjang serius. Jangan sampe hubungan ke orang tua gak baik apalagi sampe kawin lari yang gak direstuin.

No comments:

Post a Comment