Saturday 29 July 2023

Bersama Helper

Ibu iru seorang helper. Hidup dia membsntu orang lain membantu sesama. Jadi gue tau rasanya hidup sama seorang helper tuh gimana. Kemarin pun dapet kabar kalau adik ibu yang cowo mau digugat cerai sama istrinya. Karena udah mah numpang hidup, gak ada kerjaan, banyak hutang ditambah kasar banget. Siapa yang bisa tahan hidup sama orang kayak gitu? We always deserve better right? Akhirnya istrinya mengembalikan si suaminya ini ke keluarganya. Dan yang mengesalkan adalah dia ke rumah ibu.

Ibu aja belum full recovery, ini disusahin adiknyabyang numpang hidup dirumah. Gue bahkan pernah ribut sama dia karna bisabisanya dia udah numpang hidup sama ibu, masih ngetreat kakanya dg buruk. Gue kalau jadi ibu, gue usir ga peduli lu mau tinggal dijalanan. Dia pernah ngelempar barang di rumah gue dan ngegebrak pager sampe gue bilang "gausah balik lagi lu kesini". Trust me gue sebenci itu sama keluarga ibu. Mereka semua nyusahin dan ibu seorang helper, selalu berpikir kita doain aja supaya dia berubah. Tapi kenyataannya? Manusia ga semudah itu berubah coy. Semakin lu topang, semakin gatau diri.

That's why hidup mah harus punya bounderies. Berani nolak, berani bilang engga, even sama keluarga sendirim sounds cruel ya? Tapi gimana, lu mau diri lo mati karena parasit menggerogoti tubuh lu? Engga kan?

Ibu bahkan rela ngasih uang yang cuma ada didompetnya buat diri dia dna kebutuhan kita karena kasian. Wtf
Ibu bahkan pernah marah2 ke kita soal uang nyuruh kita ga boros, tapi dia segitunya ke keluarganya. Dia pernah marah sama adik gue karna satu susu ultra karena dia ngerasa susu ultra mending buat orang lain. Wtf
That's why semenjak pembayaran rumah gue yg handle, ibu jadi gue setir biar pujya bounderies. Karna pada akhirnya ibu ngeluh2 juga ketika sodaranya ngebentak, minjem2 duit ga peduli ibu ga punya duit, ga peduli tuh kebutuhan ibu banyak, ga peduli ibu ngirit2 tiap bulan. Gue semenjak kerja, selalu ngajak keluarga gue makan tiap bulan setelah gue gajian. Kemanapun yg ibu mau. Karna gue kasian, di masa tuanya ko masih disusahin orang lain, anaknya aja ga pernah nyusahin. Gue samoe ulti adik gue klo pada jyusahin. Gue pernah ribut hebat sama adik cewek karena adik cewek ngegampangin nyurh ibu jemput dia disaat ban kempes dan nganterin barang ke dramaga. Gue yang selalu menahan "biarin bu biar tau rasa. Suruh siapa ga prepare. Biar bsa mikir klo ban kempes itu bukan telp ibu, tp ke bengkel. Jadi otaknyabterbiasa jalan nyari jalan keluar pake logika". Dalam prosesnya ada manusia tega yang kesannya ga peduli sama adiknya. Karena orang liatnya dari luar doang. Tapi gue pengen ngajarin ke adik gue ini bahwa kita gabisa menggantungkanndiri ke siapapun. Pada akhirnya lo akan sendirian. Ibu akan pergi ninggalin kita. Gue pun akan pergi. Lalu kesiapa lagi bergantung kalau biasa disuapin?

Tapi berjalannya waktu gue seneng adek gue skrg dewasa karena sikap gue yang sangat sangat tegas dan terkesan ga peduli walaupun dia mohon2. Gue selalu liat diri gue dulu pas kuliah. Bahkan setelah bapak meninggal gue ga punya waktu berduka karna fokus ujian nasional. 

Sekarang PR gue adek gue yang cowo, tapi gue udh ga dirumah sana dan ibu yang biasanya gue doktrin untuk ga selalu ngeburuburuin diri demi motor dipake adek. Klo mau itung itungan mah adek gue ga beli mtoor. Bukan duit dia sehingga bsa buru buruin ibu. Dirumah gue dulu ribut terus karena lagi lagi gue percaya sama prinsip gue "semakin disuapin, semakin selalu ready. Semakin ga dewasa seseorang dan nyepelein sesuatu di dunia ini". Gue coba dengan cut wifi maksud gue biar dia mikir lo tuh nyusahin kaka yang lagi hamil anjir. Tapi ibu gue sukarela bekerja buat bayar wifi. Kesel bgt.

Gue yang selalu menolak kalau dianterin ibu, gue gamau ibu jadi capek sendiri. Walau bagi ibu "anak mah selalu jadi anak kecil sedewasa apapun itu". Well klo gue berpikir adek gue tetep anak kecil, maka dia akan terus jadi anak kecil yang gabisa diterpa masalah dan justru nimbulin masalah ke depannya. 

Gue jahat memang, sangat tegas tapi gue punya batasan limit gue membantu sampe mana. Jangan sampe gue nyusahin diri sendiri karena membantu orang lain. We need to fill our cup first. Inget di pesawat yang kena turbulence atau kecelakaan selalu diintruksikan untuk pake masker diri sendiri dulu baru pakein ke orang lain. Karna lo gakan bisa membsntu orang lain kalau lu kenapa2. 

Gue sangat tau hidup sama helper kayak gimana. Sebnernya sebelum nikah pun bergejolak di hati gue takut anak gue terdampak kayak gue dulu. Karna gue ga rela. Gue gamau membiarkan orang lain tidur oules tenang sedang kita morat marit. Gue gakan ngasih dunia kayak gitu ke anak gue. Dunia yang pernah gue rasain dan bikin gue sakit hati. Dan situasi sekarang bikin gue takut tak berdaya what if orang lain nyusahin kita dan bikin masa depan kita berantakan karena ada loh orang yang melangkah tanoa berpikir, mereka berpikirnya nanti ditolong ini. Bukan minta pertolingan ke Allah, tapi ke manusia karena percaya akan ditolong.

Gue sangat yakin kalau dulu gue ga ribut2 sama adik gue ini, dia gakan kayak skrg. Kalau gue terus mengiyakan semuanya dirumah. Mereka gakan dewasam bahkan ibu skrg udh sedikitnya punya bounderies, bilang engga dibandingkan kasih uang belanja ketika sodaranya butuh. 

So prinsip gue mungkin gakan masuk logika helper karena terkesan egois dsn mentingin diri sendiri. Tp i need to protect my self nomatter what happen. 

Dan yaa aniwei pernah coba iseng kuis divergent dan gue lebih banyak persentage di dsuntless sedangkan abnegation kecil bgt, gue gabisa selfless karna sekeliling gue selfless gue tau gmna mereka. So i hate being selfless.

No comments:

Post a Comment