Monday 31 July 2023

Patahan 37

Lagi di tahap sedih liat paksu tapi diri sendiri pun penuh kekhawatiran ketakutan. Tapi ga tega. Kayak apa yaa buat menghidupi keluarga kecil jadi khawatir. Pas dirumah ibu menenangkan diri akhirnya sadar, meratap marah2 kecewa ga bikin masalah tenang. Dan nangis depan orang lain juga belum tentu bikin orang ngerti. Memaksakan legowo juga kalau dipaksa akan sulit. Maka jalan satu satunya pasrah. 

Gue coba hajat, dhuha dan niat tahajud tapi semalem karena ada drama kram perut sama RLS jadinya kesiangan bangun. Tapi disitu bener2 nangis kayak Ya Allah gada tempat lain untuk bergantung. Sampe curhat nangis "Kuatkan ya Allah, lancarkan rejeki hamba, suami hamba, keluarga hamba dan keluarga besar. Mudahkan rejeki anak hamba ya Allah karena ternyata sepintar pintar hamba dan suami punya planning dan semua berantakan dan hamba hidup penuh ketakutan suami kepala penuh. Jangan biarkan kita kehilangan semuanya ya Allah. Maaf hamba terlalu sombong untuk bersimpuh bersujud dan merasa bisa berjalan sesuai rencana. Tapi ternyata gabisa".

Disitu nyesel banget kayak gilak sombong banget gue jadi manusia, shalat di entar entarin. Terakhir solat sunah pas ribut besar sebelum menikah. Masih tenang2 aja hidup. Kerjaan aman cuma banyak aja, dikantor pun gada drama kayak paksu yang bikin hati berat banget. Walau paksu ada drama kantor, tapi lagi proses pindah haluan dengan pelatihan sampe 20 juta. Rejekimya buat invest ada. Tapi lagi lagi sombong banget kita walau penuh kekhawatiran masih merasa everything will gonna be okay. Sampe akhirnya ujian ini berat dan kita kayak lagi dihantem petir disiang bolong lalu ada tornado dan tsunami. Bencana berkali kali lipat yang bikin ga cuma down tapi kayak hopeless. 

Meski kata paksu gue kabur, gue menenangkan diri untuk bisa kasih pundak gue juga buat dia bersandar. Dan dirumah ibu, mungkin emang vibes ibu itu yang selalu dirumah itu klo solat ga tepat waktu kira diomelin. Jadi kebawa tenang. Jadi ga cuma meratapi nasib dan ketakutan sama hidup doang. Menurut gue itu pelarian terbaik karena membuat diri gue tenang dan akhirnya bisa berpikir waras.

Sekarang masih takut, masih khawatir, masih kasian sama paksu yang gue melihat dia di titik terendah dan menumpahkan segala emosi depan gue. Rasanya sedih kasian. Meski gue memaksa dia buat ayo sholat tepat waktu, ayok kita harus banyak doa dan minta sama pemilik semesta. Karena ini ujian yang gak bisa cuma pake logika kepintaran kita sebagai manusia biasa. Jadi rasanya kesel dan marah. Gue ingin dia menggantungkan diri ke Allah atas semua hal yang terjadi biar mengurangi kegelisahan hati yang bikin rasanya takuttt banget sama hidup. 

Seperti yang dibilang ust hilman
" tugas kita itu hanya memgangkat tangan. Biarkan nanti Allah yang turun tangan. Jangan pernah kecewa dengan apapun yang datang dalam kehidupan kita. Kadang sesuatu yang indah itu harus datang ketika hati kita patah dan terluka. Dan itu gak papa banget. Kadang kita perlu ngerasain sesuatuyang gak enak dalam hidup kita. Karena ada orang yang ditempa di tempa ditempa dan Allah sedang tempatkan dia pada posisi terbaik. Nikmati saja semua proses yang gak enak di hidup kita. Karena biasanya setelah sesuatu yang gak enak itu akan datang kebaikan. Maka jawaban yang bisa menguatkan kita itu apa? Doa"

" doa itu seperti payung. Payung gak bisa membuat hujan berhenti. Tapi setidaknya dengan payung tubuhmu akan terlindungi dari derasnya hujan itu. Doa tidak membuat masalah hilang dalam hidup kita. Tapi setidaknya doa bisa membuat hatimu lebih tenang. Ketika masalah datang dalam hidup kita."

Tapi gue ditahap yang sadar selama kehamilan aja udah langsung dikasih rejeki anak, ko bisabisanya dengan alasan tubuh capek lemes kerjaan banyak gue abis nikah aja udah ga pernah lagi solat sunnah. Kayak kelar masalah sebelum nikah, trus jadi nikah abis itu lupa lagi. Jadi kayak Allah itu habis manis sepah dibuang. Padahal gue masih butuh Allah. Ibu nasehatin bayi dalam perut harus didengerin ayat2 al quran tapi gue anggap omongan ibu masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Sombong yaa :( persis kayak tahun lalu gue sombong akan nikah dan baik2 aja sama paksu taunya masalah jeger bikin gue drop abis abisan. Disitu gue nangis minta ampun, karna gue sombong banget jadi manusia jadinya langsung dihajar abisabisan. Lalu gue menggantungkan ke omongan manusia tapi kecewa lagi. Rasanya sedih berkali kali lipat. Pengennya doain yang buruk2 gitu kan katajya doanya orang terdzolimin dikabulkan Allah. Tapi ibu selalu bilang, daripada susah payah doa buruk buat orang lain, doalah baik2 buat diri sendiri agar malaikat ikut mendoakan.

Saat itu gue doa agar gue segera kartap, agar gue bisa setidaknya naik pesawat gratis 0 rupiah, nonton fanmeet/konser gratis, punya album bts, banyak uang dr sidejob buat menyenangkan diri dan kalau bisa sebelum menikah itu bisa menginjakan kaki di liar negeri. Sedangkan untuk hubungan kita gue cuma doa, tolong kalau emang dia bukan jodoh hamba jauhkan, sembuhkan hati hamba. Tapi tolong ubah dia ke arah lebih baik, jangan biarkan dia tersesat di dunia kelam. Karena langkah salah bisa bikin hidup dia berantakan. Gue ga memaksa Allah agar gue berjodoh sama dia karena gue pasrah. Sampai akhirnya sampai pelaminan dan dalam proses itu, ternyata gue mendapatkan semua checklist doa gue semua. Rasanya speechless. Gue tidak sesolehah itu. Gue tau itu doa kencengnya ibu. Tapi Allah maha mendengar, ketika gue ga berharap sama manusia karena ditipu terus, gue pasrah kalau emang ga jodoh datangkan pria baik yang bisa membimbing dan jadi imam baik buat hamba.

Makamya gue jadi yakin, ini tuh teguran selain kita mungkin dalam setahun terakhir atau beberapa tahun terakhir atau dalam hidup kita itu bohong atau berbuat dosa tapi ga minta maaf sama Allah ga meminta. Akhirnya yaudah dikasih yang besar dulu biar sadar, dikasih yang besar karena ga mampu menahan ujian sebagai manusia biasa. Gue sebagai istri harus sabar, paksu pun sebagai inti keluarga harus kuat padahal dia pun pusing. Gada tempat laij buat bergantung selain sama Allah. Makanya gue percaya sama kalimat "perbaiki solatmu. Maka Allah akan memperbaiki hidupmu". 

Itu satu satunya jalan selain menuju ketenangan, tapi diberi keajaiban atas masa depan dan ketidakpastiannyang bikin takut. Sama diberikan keikhlasan. Klo fokus ke ego manusia jelas sakit hati kayak "bisabisanyaa lo langkah dalah menghancurkannsemua". Tapi doa pertama gue ke Allah adalah "bsntu lembutkan hati dan menerika dengan mudah. Karena gue yakin ujian gue ternyata dari sini".

Kayak kemarin liat podcast daniel mananta sama enzy, enzy solatbtahajud dan cuma minta sehari aja ga kerja dengan kaki pincang karena mau cari uang. Tapi bangun tidur malah ga pincang sampai saat ini. Amazing kan?

Makanya gue berharap semoga Allah mendengarkan doa gue manusia yang sombong ini buat bersimpuh lutut sambil jadi pelajaran berharga kalau gue adalah  seorang calon ibu yang perlu waras ga cuma hanya bergantung ama suami tapi sama Allah yang utama. Agar anak gue juga jadi anak baik dan sholeh. Diberi kesehatan diberi kekuatan. Omongan ibu baru gue realisasikan sekarang disaat ada masalah besar. Nasehat buat solat tepat waktu, solat sunah dan banyakin dengerin al quran buat bayi dalam perut. 

Ibu selalu dsri dulu berpesannya "kamu sebagai istri gaboleh ketinggalan solat. Doain suami dimanapun berada. Doain rejeki suami lamcar. Karena doanya istri itu kayak doa ibu. Kamu gaboleh doa jelek2 buat suami sekalipun sakit hati. Solatnya tepat waktu. Dhuha juga pagi2 jam 7 -9 buat minta rejeki dilancarin, doa hajat juga. Bulan puasa itu sokat tahajud sebelum sahur setiap hari. Baca al quran. Inget ibu itu madrasah anak pertama. Kamunya harus mengenalkan Allah ke anak kamu. Dia udah bisa mendengar loh"

Baru dirumah ibu sehari aja. Ibu pergi ke rumah uwa sebentar. Tp ibu dengan mata melotot nunjuk tangan ke gue dan adik "solat solat. Jangan ga solat". Dan yaa dirumah ibu itu emang kayak pesantren. Buka tiktok aja isinya ceramah. Kerjaan ibu klo ada motor aja ke masjid raya gitu buat dengerin ceramah. Hari minggu itu dulu wajib hukumnya kita sekeluarga ke al ihya. Tahun lalu pas sahur gue ga pernah skip tahajud. Subuh kita klo dirumah udah diteriakin harus bangun kayak spot jantung. Tapibya gitu. Ibu tuh pegangannya Allah makanya orang2 yang dateng pun baik2. Kalau ada masalah pasti ada aja jalan keluarnyabtermasuk klo masalah duit. 

No comments:

Post a Comment