Saturday 15 July 2023

Preggos Diary 36

Udah masuk 33 minggu alias 32 week dan ternyata bb dedek masih kurang 200 gram. Rasanya sad aja gitu. Gue udah coba makan banyak, tapi proses mencernanya aja yang lama, sebagai penderita gerd harusnya 3 jam sekali dengan porsi kecil. Tapi proses mencerna ini bisa sampe 5 jam. Minum susu, udah gue coba tapi ya gimana ujung ujungnya muntah. Kesel banget bahkan sama tubuh sendiri. Tapi tekanan selalu dikasih kayak harus makan telor 6 butir sehari. 2 aja gue udh gumoh. Mana paksu pake bilang udah beliin susu dari kapan tau tp ga diminum, jadi pengen dia ngerasain sehariii aja gitu jadi gue. Minum susu muntah, gue kalau muntah aja sampe nangis saking sedih sakit jadi satu. Sedih banget makanannya gatau diserap apa engga sama si dedek. Belum lagi ke badan ga enak bgt muntah tuh. Rasanya pengen teriak wooyy tolong!

Disaat pikiran berkecamuk begini, ceritalah ke ibu dan duti buat ngeplongin hati. Dan bener aja emang lebih plong. Kata ibu jangan terlalu dipikirin dan jadi stress. Jalanin aja, posisi kepala belum dibawah sambil ikhtiar doa sama Allah semoga posisinya dibawah. Bbnya juga nanti sesuai. Km jangan tertekan sampe akhirnya beban banget nanti yang ada nambah pikiran kamu dan takutnya kenapa2. Jalanin, ikhtiar bismillah. Gitu kata ibu. Duti juga nguatin. Menjelang persalinan malah jd lebih pengen ngabisin waktu sama mereka. Soalnya gue bener2 lagi ditahap capeeeekk banget. Capek fisik, cape pikiran dan capek semuanyaa. 

Di waktu gue yang sempit aja, fisik kelelahan dan rasanya engap aja gitu. Semuaa badan gaenak dirasa tuh. Gue masih nyari tau kondisi membahayakan bagi gue dan dedek bayi itu kayak apa, gue gamau lahir di usia muda dan bikin dia prematur, pasti sedih bgt. Pikiran gini aja beban lagi. Ketika paksu bilang jangan sampe kayak istri temennya yang lahir prematur kasian bayinya. Yaa siapa juga yy mau kaan. Beban pikiran lagi. Tiap kali gue lagi duduk tau2 ada cairan keluar, langsung hati tuh "deg" bukan ketuban kan plis? Harus ke toilet berkali2 sampe rasanya wow emejing sekali. Gue yang takut dan gamau baca2 / nonton soal persalinan aja skrg gue coba buat hadapin rasa takut itu dsn gue cari tau pengalaman orang2, fyp tiktok aja skrg bayi newborn dan menyusui, melahirkan dan berkaitan sama itu deh. Setiap harinya gue belajar terus, disambi kerja juga yang banyak bgt kerjaan tuh rasanya muak pengen banting laptop. Orang liatnya gue selow padahal isi otak gue mo meledak bgt. Paksu masih aja pake bahas2 udh nyuruh lama beli printilan newborn. Gue kayak pengen teriak samping kupinynya "heloowww emang mundur2nya gue beli2 karna gue leha leha/gamau beli dsb?". Niat awal gue, mau sort printilan dulu sesuai skala prioritas tp ga sempet, kerjaan gue dikwntor banyak bgt. Ketika kerja badan gue langsung drop ada aja badan tuh kondisinyaa yang bikin emosi campur aduk. 

Baju setrikaan aja kalau bukan gue yang taruh atau minta gada inisiatif buat taruh di lemari. Mana sempet sempetnya ompreng kotor dia pake bilang "ini kamu belum cuci2 sih?". Emosi banget pas denger dia ngomong gitu. Sekedar dia yang taroh di dapur aja gabisa gitu? Sesimple itu. Gue kayak mikir "ini dia tau ga sih gue bangun sama jalan aja udh capek banget. Ngeh ga sih? Bwa perut segini baru 1.7kg itu bikin napas lu pendek bgt kayak lo mencari dimana udara yg bisa lo hirup". 
Emang bener ya katanya cowo tuh gabisa buat mengerjakan banyak hal sekaligus. Perlu dituntut perlu diingetin.

Sempet jd pembahasan sama temen kantor,pantes banyak neborn mother yang baby blues selesai melahirkan karna ya dia ngerasa sendirian. Jangankan setelah melahirkan deh, pas hamil aja dunia gue itu udah berubah, sampe gue chatan sama temen dan diskusi "nikah dan hamil itu kayak ngerasa yang berubah itu dunia cewek, cowo ga banyak berubah. Ya nambah sih tanggung jawabnya. Tp sbnernya dia masih bsa main semudah itu. Masih bisa pergi. Masih bsa spend wwktu yang dia punya kayak waktu belum manikah. Kalau cewek akan membagi semuanya. So gue percaya even anak itu adalah rejeki, tp itu adalah PR terpanjang seumur hidup yang dikasih ke gue. PRnya gakan tiba2 ilang gitu aja". Bahkan beberapa hari lalu aja sampe gue mikir "kenaoa gue hamil sendirian ya, padahal anak berdua. Dia asik main malem2 kelar pelatihan sama kepnakan dibanding ke gue yang lebuh butuh dipijit, dielus2, diajak ngobrol ini anaknya. Selesai main aja ke kamar klo ga ama laptop ama hp liat review anime. Gue cuma bisa ya Allah kenapa sih manusia yang mengklaim dirinya peka ini tidak peka kebutuhan istrinya yang lagi hamil. Samoe nunggu gue muntah depan matanya dulu baru tau gue butuh dia bgt"
Stretchmark yang bermunculan aja udah sering bikin merenung bengong sendirian. Mungkin itu sebabnya gue beberapa hari ini malah mimpiin temen2 gue yang udah nikah udh punya anak tp dia galau nangis depan gue pas gue tanya kenapa. Dia cuma jawab frustasi sama suaminya, anak kenapa2 yg disalahin ibunya. Tuntutan selalu dateng sedangkan dia sendiri aja udah overwhelm. Gue rasa itu alam bawah sadsr gue yang emang frustasi. Eniwei bukan ga bersyukur ya. Gue bersyukur paksu ini tipe yang dg cara dia menyenangkan hati istrinya, kayak kemarin tiba2 keluar beli ayam bakar yang gue pengen, atau tiba2 beliin jajan, bawain potongan steak dsb. Disaat banyak juga cowo yang lebih bangke bahkan sampe nyiksa istrinya yang lagi hamil (sumpah suami yang main kasar gini sama selingkuh pas istri hamil, kenapa ga mati aja sih atau Allah ambil nyawanya gitu biar mamfuuzzz, gedeg bet gue). 

Gue juga gatau kenapa jd lebih clingy ke paksu, lebih pengen deket2 sama dia terus. Lebih pengen dapet 1000% perhatian apalagi mendekati hpl gini. Bener ternyata kata artikel yang gue baca mejelang hpl pikiran bumil itu kemana2 dan penuh kekhawatiran. Gue khawatir kondisi baby terus menerus. Soal bbnya soal kondisinya soal kesehatannya. Gue jg khawatir sama kondisi gue nanti saat melahirkan. Karna melahirkan itu kan butuh tenaga ekstra, sedangkan gue cuma belanja ke superindo aja langsung kleyengan mau pingsan. Dan soal "selamet kan gue yaa nanti pas melahirkan? Umur gue masih panjang kan? "

gue kira gue lebay banget gitu yaa pengennya nemplok mulu ama paksu. Tp ya itu kadang suka nangis sendirian saking melownya seolah ngomong depan paksu "aku ga pernah minta barang mewah, ga pernah minta aneh2, ngidam susah sampe bikinndia muter2 nyari2 saat itu juga. Cuma pengen ditemenin didampingin, dielusin, dikuatin, dipijitin". 

Gue bahkan jadi mikir apa setelah lahiran gue di ibu duli, atau minta tante rini disini buat bantuin masak. Karena gue beoum tentu bisa langsung masak buat diri sendiri. Apa mijta ibu masak lrbih buat disini juga. Semuanya berkecamuk di otak gue dan ternyata memakan energi gue juga mikir ginian doang. 

Kemarin aja cuma masak nasgor sama ngegoreng enoki trus lanjut cuci piring bikin gue yg tdnya mau kerja malah lemes kayak mau pingsan gada energi. 

Tapi so excited bentar lagi ketemu si dedek yang 9 bulan menemani dsn berbagi perasaan. Yang menemani gue kerja terus. Sehat2 ya nak, keluar di waktu yang tepat dan sesuai ya. Take ur time jangan buru2, kamu matengin dulu semua di perut, aku tahan dulu sebentar lagi karena selama 8 bulan aja aku survive kan masa nunggu 1 bulan aja gabisa kan? Pengen ketemu dia persis kayak lagu "i knew I love u before i met you. I think dreamed you into life"

No comments:

Post a Comment