Tuesday 8 March 2022

control freak

Gue punya kecenderungan untuk menjaga barang-barang gue dengan sangat amat baik. Kayak semua on my rules.

Pernah suatu ketika gue minjem buku temen kampus, yang mana buku itu ternyata milik temennya. Tapi gue melakukan kesalahan karena buku yang gue pinjem kehujanan. Bukunya bukan ori sih jadi cukup murah. Karena gue ga suka barang-barang milik gue rusak, cacat dan ga seperti sedia kala. Maka gue ganti langsung baru. Sebenernya buku yang kehujanan itu ga rusak sih. Cuma karena udah kena air jadi ga sempurna. Sebagai seorang perfectionist, gue sangat mengagungkan kesempurnaan. Gue mengganti itu karna ga suka barang milik orang lain yang gue pinjem itu kotor, basah atau rusak.
Seketika temen gue bingung dan bilang ga perlu ganti karena toh bukunya baik-baik aja. 

Gue ga suka take a risk, ketika banyak orang diluar sana bertindak tanpa berpikir. Gue harus punya plan A sampe Z buat bikin diri gue tenang. 

Semua barang gue ketika dipinjem, contoh buku. Pasti kalimat yang terucap dari mulut gue "jangan kusut, jangan dilipet, jangan kotor, jangan basah apalagi rusak"

Atau hape ketika dipinjem, biasanya langsung gue kasih tisu basah. 
Capek? Yah memang capek
Tapi gue gamau terima resiko gue gatel-gatel karena barang gue yang dipinjem orang lain itu ga di treatment sebaik gue. Karena orang gak akan bisa tanggung jawab ga sih apa yang terjadi ke diri kita? Ujung-ujungnya adalah kita yang harus terima resiko itu?

Itu juga salah satu alasan kenapa gue selalu pegang HP ketike gue lagi dijalan, dibandingkan gue taro di tas yang bisa dicopet. 

Atau bahkan ketika gue berpaling lagi cuci tangan/ke kasir di saat gue ninggalin barang berharga di meja. Maka gue akan bilang (mostly ke adek) "jagain, liatin, jangan sampe mata lu berpaling"

Gue akan lebih merasa aman ketika gue melihat barang2 gue dalam kendali gue. So gue gakan merasa gagal menghadapi segala bentuk kegagalan.

Gue jadi berpikir akhir2 ini, kegagalan selalu menghantam gue, garis kegagalan selalu nyerempet deket ke arah gue, hal yang gue takutkan selalu ada di hadapan gue. Sampe gue pengen teriak bilang "WHY?!! WHY THIS HAPPENNED TO ME??!!"

Gue tau kalau gue bukan avatar apalagi Tuhan yang bisa mengontrol segala hal yang terjadi sama gue, jangankan yang bentuknya manusia, barang aja gak bisa. Kayak kalau udah takdir ya udah takdir. Lu cuma bisa terima *tampar aja gue*
Dan sayangnya gue gabisa mengendalikan manusia yang sangat dinamis, termasuk cara mereka memilih jalan hidup. Termasuk cara mereka yang siap terima resiko. Tapi gue ga suka gue kena imbas atau langkah yang mereka siap ambil resiko itu. Karena gue benci kegagalan dan kesalahan.

Sekarang isi pikiran gue penuh, ada di masa lalu dan masa depan. Bener kata dokter gue, diri gue ga pernah berjalan di masa kini, tubuh gue doang yang hadir tp semuanya tertinggal di masa lalu dan kekhawatiran masa depan. 

Memang gue khawatir akan masa depan gue, gue membaca pola perilaku manusia di masa lalu biar masa depan gue bisa gue atur. Hal itu semata mata karena gue cuma mau melindungi diri gue. Siapa lagi yang bisa melindungi gue kalau bukan diri gue? Gue hanya mau masa depan yang baik buat diri gue, itu doang kok. Itu alasan kenapa gue jadi control freak 

No comments:

Post a Comment