Sunday 20 March 2022

Marriage Or Wedding?

Semua orang yang tau kalau kita punya pasangan, pertanyaannya pasti bermuara ke "kapan nikah? Jangan lama-lama ya ga baik". I mean kalimat mereka ga salah, karena pacaran doang gak ada ujungnya juga percuma. Tapi kebayangan gak sih marriage itu kayak big step yang menentukan hidup kita mau dibawa bahagia atau sengsara? Entah ini terlalu logis atau terlalu worry dan menganggap bad things dari marriage itu sendiri.

Sekitar awal bulan Feb, salah satu temen gue habis lamaran. Pacarannya justru baru sebentar sampai akhirnya memutuskan menikah, walaupun kenalnya udah cukup lama sebagai teman. Temen gue ini ulang tahun, makanya gue ucapin selamat ulang tahun dan doa2 penyerta lainnya. Karna dia abis lamaran, gue mendoakan semoga lancar menuju hari H. Tapi entah kenapa balasannya bikin sedikit bete. Atau mungkin gue yang sensitif banget ya? Dia nanya kapan nikah, jangan lama-lama kalau bisa biar samaan sama dia di 2022. Sejujurnya gue bingung sama budaya disini atau gue yang gak cocok ya? Atau gue yang terlalu takut sama "marriage" itu sendiri. Pernah juga di grup besar grup kelas waktu kuliah dulu, temen ada yang nikah trus karena kita ngucapin happy wedding dan dia berterima kasih, dia melanjutkan "kalian juga cepetan deh nikah", gue seketika bengong "why? Kenapa orang yang udah ada di jalan pernikahan ini justru kayak nyuruh orang-orang itu cepet-cepetan, kayak kalau engga cepetan nikah, keburu kiamat gitu"

Lalu ada lagi yang baru pacaran tapi udah ngebet cari satsetsatset WO lebih gesit malah. Masih honeymoon phase tapi berani banget memutuskan sampai akhirnya bilang "gausah percaya kalau menuju pernikahan itu banyak masalah dan cobaan. Akan lebih sering berantem, soalnya gak menuju pernikahan juga sering berantem kok. Jadi itu cuma mindset yang salah". Pengen ketawa miris tapi pedih juga karena gue merasa banget sih cobaannya sampe bikin di titik bingung sama garis Tuhan. Mungkin dia masih menikmati fase bulan madu yang isinya butterfly in stomach, trust me 6 bulan - 1 taun dan udah ga disokong hormon bahagia, balik ke sifat asli. Bahkan di jam kerja temen gue ini suka tiba2 ngechat buat sekedari nanya "mau bikin berapa pax?". Aduh plis deh, otak gue aja sekarang lagi mumet ini disuruh mikirin berapa pax, baju gimana, lokasi dimana. Kalau bisa ngomong, meledak ini pala sakit stresnya. 

Gue hanya bingung ini gue yang emang punya luka dsn trauma jadi berpikirnya negatif aja sampe takut melangkah. Atau temen gue ini yang lebih hepi-hepinya sampe ga berpikir logis?

Banyak case malah yang udah pacaran lama 7 taun, udah lamaran, tapi gagal nikah karena pihak cowo selingkuh. Banyak juga yang udah sebar undangan tapi gagal juga. Jleb banget ga sih? Bikin konsep pernikahan, udah happy-happy taunya sakit hati sampe depresi. Tapi gue pernah denger dari interview mamanya shabira yang udah bikin undangan tapi pasangannya selingkuh, dia bilang gini "lu kalau ketemu masalah kayak gini, kesimpulannya ada 2. Pertama Tuhan sedang menguji lu menuju pernikahan. Kedua Tuhan sedang memberitahu lu bahwa dia bukan orang yang tepat. Dan jawabannya ada di diri kamu sendiri. Sebetapa yakinnya kamu dalam menghadapi hubungan"

Beberapa tahun lalu, sahabat gue cewek dia mau nikah sampe curhat kalau dia kepergok calon suaminya karna chatan sama banyak cowo sampe di hack whatsappnya. Lalu dia penuh ragu buat melangkah sampe pas akad dia nunggu kedatangan gue karena "takut". Damn gue rasa gue gitu deh "takut sampe bisa bikin rasanya mau kabur".

Dan ujian dalam hubungan tuh macem-macem, sahabat gue itu bilang ada yang tiba-tiba masa lalu dateng, lawan jenis banyak yang ngedeketin, masalah keluarga dan keluangan dsb. Kalau sahabat gue itu masa lalu dan cowo-cowo baru jadi sering chatan. Karena kata sahabat gue ini, pernikahan itu kan hal baik, dan setan banyak yang gak suka, jadi berusaha menggagalkan rencana menuju hal baik itu.

Sebenernya bukannya gue gamau komitmen, atau gue gak sayang sama pasangan gue. Tapi gue cuma takut dan khawatir. Bukan cuma sama dia tapi sama diri gue sendiri. Emang ada ya cinta yang bertahan selamanya? Tanpa rasa bosen dan muak? Gimana kalau akhirnya jenuh? Gimana kalau ternyata rumput tetangga lebih hijau? Gimana menyikapi rasa sskit yang ditimbulkan kalau-kalau pasangan atau jangan-jangan kita yang memutuskan berpaling. Bahkan gue aja khawatir jadi kayak pemeran cewek di film unfaithful dan malah mengecewakan anak. Atau justru dapet pasangan yang gak setia kayak yang sekarang nih lagi rame.

 Maksudnya, ketika udah terikat maka gada jalan puter balik ga sih? Gimana kalau akhirnya kita bukan jadi manusia yang gak sempurna doang tapi orang tua yang gak baik dan ngasih luka ke anak. Gue ga tega aja gitu. 
Dan di sekitar gue itu banyak pernikahan yang gagal yang justru ngasih luka ke anaknya. Gue ga tega kalau gue meyakiti anak gue nanti. Tapi gue juga gamau memaksakan diri bertahan ketika pasangan gue menyakiti gue terutama mendatangkan orang lain ke kehidupan kita. Gue bukan orang seikhlas dan sesabar itu bahkan ga sebaik itu. 

Bahkan di sela-sela gue curhat ke adek, trus ibu denger nih soal kegelisahan gue. Bisa-bisa disemprot karena takut buat melangkah itu sendiri. Gue cuma berharap kalau ujian dateng, tolong jangan sampai gagal. Gue juga ga berharap happy ever after kayak kehidupan princess disney kok, tapi gue cuma berharap ga salah memilih seorang pendamping. Gue juga berharap ketika hubungan gue ga lagi baik-baik aja, gue maupun dia ga memilih orang lain terutama lawan jenis buat mengadu. I mean I love him, and I know his feeling too he loves me too, I know our relationship not perfect. Katanya cara liat seseorang sayang sama kita yaitu liat perilakunya, dan dia baik perilaku dia baik. I am just completely messy because of my trauma. Bukannya gamau nikah sama dia, tapi takut aja sama pernikahan itu sendiri dan takut memilih orang yang justru ngasih luka.

No comments:

Post a Comment