Thursday 24 March 2022

Gerd, Stress And Want To die?

Di tiktok ada fyp perempuan meninggal karena kumatnya asam lambung. Katanya karena depresi dan anxiety yang bikin asam lambung ini naik.
Trust me meski belum sampe meninggal atau masuk IGD karena gerd, tapi aku pernah pingsan di kereta karena gerd. 

Gejala yang aku rasain juga beda-beda. Ada yang cuma mual, panas ulu hati, tenggorokan ga enak, sesak napas, perih di lambung, muntah-muntah, rasanya ditusuk dari punggung ke arah perut, sakit di bagian kanan bawah perut dan macem2 deh pokoknya.

Aku juga pernah saking perfectionistnya dan gak mau gagal. Aku ada jadwal present ke kantor client di slipi jam 10 udah berangkat jam 6 dr rumah, tapi terjebak macet. Sampe tim bilang "jangan telat ya soalnya para petinggi client yang dateng". Tentunya tambahan beban dan gabisa terbang juga kan menerjang kemacetan jakarta, ga punya baling-baling bambu apalagi pesawat jet toh. Dalam kondisi udah makan, tapi karena stres, nyampe kantor client ke toilet dsn muntah. Tapi ini ga sekali dua kali, management stres aku belum berkembang kayak sekarang. Dulu setiap kali ujian di sekolah dan kampus, aku pasti ke dokter 24 jam buat berobat. Sampe dokter udah hafal karena tiap kali ujian pasti aku stres dan bikin gerd kambuh.

Temen adik, yang juga deket sama aku juga meninggal karena gerd. Di saat itu, kondisi udah makan juga tapi aku melipir buat beli minum karena tiba2 kambuh. Aku takut mati karena gerd hahahaha. Funny hah? Padahal semua orang juga akan mati. Padahal dulu juga sempet kepikiran buat mati, tapi takut mati karena gerd.

Dulu jaman sekolah tepatnya pas kelas 10, aku pernah ga ikut ujian selama seminggu karena gerd. Sampe aku cek lab karena buat diri aja susah. Tapi sebagai orang yang merupakan pejuang, aku lebih milih masuk sekolah meski lagi sakit, karena ujian ini tuh nanti nilainya untuk seleksi masuk IPA/IPS. Pas ibu nganter sambil khawatir, aku masuk kelas. Baca beberapa materi dan siap ujian tapi seketika gelap gulita kelas, aku saat itu duduk sama kakak kelas cowo lupa siapa namanya tapi dia baik banget. Sampe dia bilang "cepet sembuh ya gue kesepian nih sendirian disini". Baru buka soal ujian tapi udah mual udah sakit kepala dan pandangan kabur. Sampe dijemput ibu lagi. Alhasil selama ujian seminggu, aku ijin ga masuk.

Aku juga 2021 ngegym, tapi trainernya tau kalau secara fisik emang gampang lemah dan gampang kunang-kunang hampir pingsan. Tapi aku percaya bahwa konsistensi itu menghasilkan kok.

Aku ngerasa selain asam lambung yang seringkali kumat karena stres, aku ngerasa aku insomnia dan tiap mai tidur butuh stress relaxing music atau brainwave yang bikin tenang otak. Tapi lebih sering otak ga tenang. Aku jadi sering ke kantor ga tidur, definetely ga tidur sama sekali, rasanya kayak melayang tubuh ini. Trus kalau malem mau tidur otak tuh berisik banget sampe bikin capek. Aku nyerah melawan sendiri, aku juga nyerah ngadepin banyaknya masalah hidup yang datengnya keroyokan. Im done, depression hit me so hard. 

Curhat sama sahabat gak bikin masalah aku kelar, curhat sama temen juga ga bikin tenang, pikiran tentang pengen menghilang dari muka bumi ini makin menjadi. Sampai akhirnya I met my doctor, jiemi. Dia jelasin tentang kenapa stresnya aku bikin aku seriny kambuh gerd dan bahkan pingsan. Kayak my pain is something that I can bear and handle it. So here Iam, bukan berarti udah gak ngerasa sakit psikis atau ga gerd lagi. Beberapa waktu lalu juga kembali kok. Tapi aku pelan-pelan belajar hadir buat diri sendiri. Ga lucu aku kalau meninggal karena kebanyakan stres dan gerd. Pingsan di tempat umum karena gerd aja udah cukup powerful untuk membuat aku memperbaiki diri. 


No comments:

Post a Comment