Sunday 20 March 2022

Keluar Dari Zona Aman


Setiap orang tentu punya ketakutan dan hal yang dia benci dalam hidup. Akupun punya, salah satunya adalah kegagalan. Gagal itu hal yang paling aku benci, dalam apapun. Gagal dalam karir, pendidikan ataupun percintaan bahkan untuk sesimple pilih menu makan siang yang udah effort pilih ternyata gagal. Akhirnya membuat aku ga pengen keluar dari zona nyaman. Gamau untuk melangkah lebih jauh karena rasa takut itu. 

Pernah ada suatu percakapan bareng temen deket cowo, mereka seneng karena kenyataan hubungan cinta aku yang akan melangkah ke jenjang pernikahan. Tapi kalimat aku ke mereka "tapi aku takut", kalimat yang bikin orang-orang bingung apa yang harus ditakutkan. Lalu aku jawab "gimana kalau pada akhirnya hubungan pernikahannya gak baik, gimana kalau gagal? Gimana kalau ternyata memilih orang yang salah?". Tapi ada untungnya sih punya temen cowo yang concernya mereka adalah berpikir logis, meskipun banyak yang gak validasi ketakutan yang muncul sih. Tapi setidaknya mereka menyadarkan bahwa "kalaupun gagal yaudah. Tapi coba dulu. Jangan mundur sebelum berperang"

Setiap keputusan simple sampe hal besar, semua bermuara di kata what if I cant avoiding failure? Gimana kalau kegagalan itu layaknya kematian yang menghampiri kayak di film final destination? Mau lari kemanapun, mau memanipulasi dan coba trik apapun kematian tetep dateng. Nah aku takut bangrt tuh sama kegagalan.

Dulu saking takutnya sama kegagalan, aku pernah nangis sepanjang jalan stasiun MRT bundaran HI dan daerah tokopedia. Nangis karena ternyata gagal dateng tepat waktu sehingga buru-buru sampe ke lokasi, panik dan ga fokus buat jawab pertanyaan, interview bahasa inggrisnya jadi kacau dan takut gagal. Bener-bener kayak orang galau nangis abis diputusin pasangan. Padahal sih karena ga perfect aja. Ya walaupun pada akhirnya gagal, tapi pikiran akan kegagalan itu udah duluan ada di otak. Terus aku juga takut pas pulang ke rumah dan diomelin karena keukeuh pergi interview.

Lalu karena menyadari kelemahan, ketakutan ini, aku coba keluar dari zona nyaman dan zona aman. Aku coba challenge diri sendiri untuk keluar dan mencari hal lebih baik. Langkah besar yang diambil yang pertama yaitu, pindah kantor. Sejujurnya aku takut kantor baru akan jadi tempat yang gak lebih baik dari kantor lama. Dan setelah mencoba, kurang lebih aku gagal ternyata. Ga seindah itu juga kehidupan kantor baru. Walaupun aku jadi lebih grow lebih banyak ilmu, tapi ternyata ga bikin aku aman dan nyaman juga.

Pada dasarnya karena aku takut gagal, aku lebih suka ada di zona aman. Gak mau terima resiko pokoknya. Aku kalau pilih makanan, pasti yang aman yang aku rasa udah ketaker gimana rasanya, kalau gagal ya ga sakit-sakit banget buang uang gitu. Trus kalau beli baju pasti warna, model yang itu itu aja karena takut jadi sia-sia dan ga dipake.

Sekarang aku lagi coba untuk belajar dari hal terkecil banget untuk keluaar dari zona aman. Sekitar 2 minggu yang lalu aku makan di Imperial Dimsum, aku kalau makan berat lebih suka makan nasi dibandingkan mie. Karena kalau kenyang kan ga akan pengen makan lagi gitu, jadi aku ngerasa aman. Tapi aku coba tantang diri aku untuk ambil menu mie bukannya nasi. Hasilnya ya ga failed banget, enak malah dan kenyang.

Aku juga suka beli blazer bukannya jaket, tapi aku coba beli jaket jeans dan mencoba style baru. Keluar dari zona nyaman. Rasanya bukan "aku banget" tapi ternyata seru mencoba hal baru.

Minggu lalu juga coba beli menu di mcd kentang dan eskrim. Biasanya makan es krimnya itu kalau ga cone, ya sundae atau dibikin ga pake toping apapun. Tapi aku coba mcflurry oreo, which is ga aku suka. Rasanya aneh ada grenjel-grenjelnya. Tapi aku makan pada akhirnya.

Dan aku juga tipe yang belanja barang elektronik itu ke toko langsung. Aku takut kalau barang aku ga nyampe dan aku gagal bahkan rugi. Tapi aku tahun 2021 berhasil beli hp online. Degdegan banget. Tapi aku berhasil

Aku juga lebih suka mengurung diri di kamar, apalagi karena ada kucing di rumah dan aku selaku takut untuk duduk di kursi, takut jadinya gatel di tubuh aku. Tapi sekarang intensitas duduk di kursi jadi tinggi. Aku buka pintu kamar lebar-lebar. I mean langkah aku udah baik kan ya? Pelan-pelan jalan keluar rumah. Padahal aku sering cemas, sering lebih pilih jalan kabur agar gak terluka, lebih sering cari tempat aman dan yang pasti-pasti aja. Tapi hidup itu sendiri aja resiko, keputusan yang diambil emang cuma kasih jawaban di masa depan soal "better atau failure". 

Aku sekarang lagi belajar ngepukpukin diri aku ketika menemukan kegagalan atau gak sesuai dengan eksprktasi aku juga belajar buat raih tangan aku sendiri untuk ambil langkah besar meskipun gak tau di masa depan ada apa yang menanti, ada berapa kegagalan yang akan aku hadapi. Sejujurnya takut dan cemas buat menjalani hidup. Tapi I can heal right? Some trauma on the past bring me to stay on secure and comfort zone. Pelan-pelan kita coba keluar ruangan kamu untuk ketemu dunia luas, jangan mengurung diri terus untuk merasa aman ya. Meskipun masa lalu menyakitkan, menakutkan tapi masa depan gak ada yang tau. Kalaupun kembali menemukan titik menyakitkan lagi, kamu punya diri sendiri dan percaya bahwa kamu bisa mengambil keputusan baik buat hidup kamu dan diri kamu.

No comments:

Post a Comment